[Review] Shelter



Udah nontonnya?
Bagus?
Rame?
Atau...
Biasa aja?

Asal kalian tau, saya kemarin habis baca Tokidoki langsung nonton MV ini :'v
Saya pun kembali memenuhi ember dirumah

Baik. Langsung saya buat review aja ya~
Perhatian! Artikel ini mengandung spoiler berat. Resiko ditanggung sendiri.
Sebelumnya, saya sudah membaca sinopsisnya terlebih dahulu. Berikut adalah sinopsisnya.
"Shelter mengisahkan tentang Rin, seorang gadis berusia 17 tahun yang terus menerus hidup sendirian di dalam dunia simulasi. Setiap hari Rin bangun di kenyataan buatan dan menggunakan tablet miliknya untuk mengendalikan dan menghadirkan simulasi baru yang indah untuk dirinya. Hingga suatu hari semuanya berubah, Rin akhirnya mengetahui tujuan sebenarnya yang menyebabkan dirinya tinggal didalam sebuah simulasi."
Ok. Dari sinopsis nya udah ada hawa-hawa apa gitu yakan(?)
Informasi lengkapnya, ada di deskripsi video nya ya.
Porter Robinson dan penulis lagu Madeon merilis lagu SHELTER pada bulan Agustus lalu.
Dan akhirnya dibuatlah story, hingga animenya bersama dengan A-1 Picture.
First impression saya setelah beres nonton anime ini,
"Saya phobia luar angkasa sepertinya."
Bukan tanpa alasan. Mungkin saya akan membahasnya diakhir.

Banyak orang yang memuji Shelter, hingga menginginkannya menjadi film layar lebar. Tapi ga sedikit juga yang menghujatnya, "Lagunya ga cocok" "Lagunya aneh. Padahal MV nya bagus..." dan lain sebagainya.

Awalnya, ya seperti menurut sinopsis.
Kesananya, mulai lah dikupas cerita sebenarnya.
Pada waktu itu, dunia mengalami distopia. (buat yang ga tau apa itu distopia, bisa cek di wikipedia ya ^^)
Ayahnya si Rin ini, mengurus Rin seorang diri. Karena istrinya meninggal saat Rin masih kecil.
Karena tau dunia mengalami distopia, ayahnya pun membuat sebuah projek agar Rin bisa tetap bertahan hidup. Saya juga ga begitu mengerti gimana cara kerja alat buatan ayahnya. Tapi seperti tampak pada video, alat itu membuat Rin tak sadarkan diri, namun dalam pikirannya, ia dapat bergerak bebas dan menciptakan apa saja dengan tabletnya
 Akhirnya, Rin kecil yang tak tahu apa-apa, dikirim ayahnya menuju keluar angkasa yang luasnya tak terhingga. Tentu saja ayahnya tidak ikut. Ia pun mati bersamaan dengan hancurnya dunia.
Awalnya, Rin ga ingat apapun tentang hal tersebut. Tapi karena semakin lama ia penasaran, mengapa ia selalu sendiri di dunia itu, ingatannya pun sedikit demi sedikit terpulihkan.

Ya begitulah singkatnya.
MV ini hanya berdurasi 6 menit.
Namun ceritanya... :(

Saya pun akhirnya menemuka beberapa fact dari OA di LINE. Berikut fakta yang sudah saya revisi.

1. Pesan yang didapat Rin di akhir video adalah sebagai berikut, (Bahasa Inggris)

To: Rin
From: Dad

There was just so little time after you were born.
I don't know how much love I managed to pour into raising you after your mom died...
But your smile kept me going.
I would like to have come with you, but I couldn't.
I wanted you to forget everything and move on...
I knew you'd be alright. But you'll get lonely, and remember.
I know you'll grow strong, and read this letter someday.
I really wish we could have spent more time together. I'm sorry.
You were so young back then, too young to understand what they meant. So let me repeat...
My final words to you.

The final word nya adalah monolog yang dilakukan oleh Rin

The chorus is in the girls pov, the dad's were everything else.
dad: "I could never find the right way to tell you. Have you noticed I've been gone? Cuz I left behind the home you made me But I will carry it along"

Rin: "and its a long way forward So trust in me I'll give them shelter like you've done for me And I know I'm not Alone You'll be watching over us Until You're gone."

us: the girl and her bear

dad: "When I'm older I know that I'll be silent beside you And the words won't be enough. And you will need to know it inside our faces And it will carry on for us"

Rin: "And it's a long way forward So trust in me I'll give them shelter like you've done for me And I know I'm not alone You'll be watching over us Until You're gone. "

Ah sudahlah:( saya ga bisa berkata-kata lagi:(

2. 2539 hari itu sama dengan 6 tahun 11 bulan 16 hari

Sedangkan pesan yang didapat oleh Rin di hari ke 2555, sama dengan 7 tahun pas.

WTF sekali cerita ini:(
Saya udah ga tau lagi mau ngomong apa. Udah ga bisa berpikir:(

Akhir kata, mari kita dukung terus orang-orang dibalik karya ini, semoga mereka dapat terus berkarya, bisa menginspirasi kita, dan bermanfaat untuk sesama manusia(?)

Maaf kalau artikel kali ini ga disertai banyak foto, karena saya males nge screenshot :v

Rangkuman untuk semuanya:
Story: 9
Art: 8
Music: 6
Enjoyment: 8
Overall: 9

Saya akan membahas alasan saya 'phobia' dengan luar angkasa di artikel yang akan datang. Jadi tungguin aja ya!

Terimakasih dan sekian~
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...